Header Ads

banner image

Social

Jenis Jaringan Menurut Jangkauannya

Jenis Jaringan Menurut Jangkauannya




Jaringan(Network dalam bahasa Inggris) diketahui diklasifikasikan menjadi menjadi 2 jaringan menurut fungsinya atau yang kita kenal dengan Client Server dan Peer To Peer atau juga jaringan menurut Geografisnya atau biasa kenal dengan jangkauan dari jaringan tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas jaringan menurut geografis nya atau menurut jangkauannya. 

 

- Pan



Atau Personal Area Network adalah jaringan komputer untuk menghubungkan perangkat elektronik yang berpusat pada ruang kerja seseorang. PAN menyediakan transmisi data antara perangkat seperti komputer , smartphone , tablet , dan asisten digital pribadi. PAN dapat digunakan untuk komunikasi di antara perangkat pribadi itu sendiri, atau untuk menghubungkan ke jaringan tingkat yang lebih tinggi dan Internet di mana satu perangkat master mengambil peran sebagai gateway. PAN mungkin nirkabel atau dibawa melalui antarmuka kabel seperti USB. Jaringan area pribadi nirkabel ( WPAN ) adalah PAN yang dibawa melalui teknologi jaringan nirkabel jarak pendek berdaya rendah seperti IrDA, USB Nirkabel, Bluetooth, atau ZigBee,  . Jangkauan WPAN bervariasi dari beberapa sentimeter hingga beberapa meter. 

- LAN



Sebuah Jaringan area lokal (bahasa Inggris: local area network (LAN) adalah jaringan komputer yang menyambungkan komputer dalam area terbatas seperti tempat tinggal, sekolah, laboratorium, kampus universitas, atau gedung kantor. Sebaliknya, jaringan area luas (WAN) tidak hanya mencakup jarak geografis yang lebih besar, tetapi juga umumnya melibatkan sirkuit telekomunikasi sewaan. Ethernet dan Wi-Fi adalah dua teknologi paling umum yang digunakan untuk jaringan area lokal. Teknologi jaringan historis termasuk ARCNET, Token ring, dan AppleTalk.


- WAN 




Jaringan area luas (bahasa Inggris: Wide Area Network; WAN ) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain. Dan WAN sendiri adalah istilah lain yang biasa kita kenal dengan Internet.


- MAN




Jaringan area metropolitan (JAM) (bahasa Inggris: Metropolitan area network) adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan JAM adalah gabungan dari beberapa JAL. Jangkauan dari JAM ini antar 10 hingga 50 km, JAM ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
Jenis Jaringan Menurut Jangkauannya Jenis Jaringan Menurut  Jangkauannya Reviewed by TKJ-cerdas on 20:33 Rating: 5

No comments:

Home Ads

Powered by Blogger.