Header Ads

banner image

Social

Tutorial Setting Limitasi Bandwidth Sederhana Pada Mikrotik

Simple Queue



Hallo teman-teman saya disini akan memberikan tutorial lagi nih, kali ini tutorial saya tentang Mikrotik lagi.. apa itu ? yaitu Simple Queue . Apa sih Simple Queue itu ? oke yang belum tau aku jelasin bentar yaa .
Simpe Queue atau Queue adalah suatu pengaturan pada Mikrotik yang digunakan untuk mengatur limitasi bandwidth  . Masih belum pada ngerti ? Oke aku kasih contoh :
Kita mengambil bandwidht dari provaider 10 Mb contoh, nah kalian ingin membagi 10 Mb tersebut ke beberapa blok ip semisal 192.168.10.0/24 kalian set maksimal bandwidth 5 Mb dan untuk blok lain 5Mb, nah berikut adalah salah satu contoh yang sangat sederhana yang dapat saya berikan .
Oke lansung saja ketutorialnya ya :)

1.Oke yang pertama kita buka menu queue nya (Queue-Simple Queue)disini  kita tambahkan untuk rule queue nya dengan tanda + yang berarti menambahkan rule baru, lalu kita isikan target address jadi disini kita masukan alamat / blok ip mana yang akan kita limit bandwidth nya .
Target Upload : saya isikan 128K (ini nanti untuk upload )
Target Download : saya isikan 128K (ini untuk download)

note*  Untuk bandwidth limitasi (upload/download) itu terserah kalian sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing 


2. Setelah kita set upload dan download lalu kita apply hasilnya seperti dibawah ini 
3. Setelah jadi rule limitasi nya kita bisa cek dengan mengakses konten-konten yang ada di internet semisal browsing , streaming video atau lebih simplenya sih kita akses speedtest.net untuk cek hasil limitasi kita. Dan dibawah ini adalah contoh dimana rule tersebut berjalan yang dimana rule tersebut berubah warna menjadi kuning yang berarti limitasi bandwidth kita akan menuju full .


Nah diatas adalah contoh yang sangat sederhana dalam  membuat limitasi bandwidth di Mikrotik, sebenarnya masih banyak sekali contoh-contoh lain semisal Queue Tree , PCQ namun mungkin akan saya share dilain waktu, dan terimakasih guys sudah mengunjungi blog saya jangan lupa follow , comment agar blog ini menjadi blog yang semakin baik dilain hari . Terimakasih :-)



Tutorial Setting Limitasi Bandwidth Sederhana Pada Mikrotik Tutorial Setting Limitasi Bandwidth Sederhana Pada Mikrotik Reviewed by ekawahyu on 05:15 Rating: 5

No comments:

Home Ads

Powered by Blogger.